Perkembangan Musik & Lagu Di Indonesia

www.laguindonesia.my.id – Indonesia memiliki banyak sekali musik & lagu. Setiap musik ataupun lagu tersebut dibuat berdasarkan zamannya masing-masing. Untuk itulah warna dari satu lagu tidaklah sama dengan lagu lainnya. Ini karena lagu tersebut dipengaruhi pula oleh waktu atau kapan era lagu tersebut pernah dibuat. Setiap lagu yang ada di Indonesia ini memiliki ERA nya sendiri-sendiri.

perkembangan musik di indonesia

Perkembangan Musik Di Indonesia

1. Perkembangan Musik Di Indonesia Pada Periode Kemerdekaan
Sepertinya yang telah diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia, bahwa Indonesia Kita tercinta ini pernah dijajah oleh negara asing. Pada periode kemerdekaan (Pra-kemerdekaan, kemerdekaan, dan paska-kemerdekaan), lagu bertema kemerdekkan muncul untuk membakar semangat rakyat Indonesia untuk melindungi tanah air dan menanamkan rasa nasionalis yang tinggi terhadap bangsa Indonesia. Lagu-lagu kemerdekaan yang dibuat pada zaman itu adalah : Lagu kemerdekaan Indonesia yang diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman pada tanggal 28 Oktober 1928. Lagu Bagimu Negeri yang diciptakan oleh Kusbini pada tahun 1942. Lagu Hari Merdeka yang dibuat oleh H. Mutahar pada tahun 1946. Lagu Satu Nusa Satu Bangsa yang diciptakan oleh Liberty Manik dan pertama kali diputar melalui siaran radio pada tahun 1947.

2. Perkembangan Musik Di Indonesia Pada Periode 1970an
Periode tahun 1970an adalah periode tentang munculnya kebebasan musik di Indonesia yang terjadi pada jaman Orde Baru. Pada era ini, munculah musisi legendaris seperti Koes Plus, sekaligus menjadikan Koes Plus sebagai pelopor musik POP Indonesia. Pada periode ini pula terlahir musisi-musisi legend lainnya seperti: Chrisye, Ebiet G. Ade, dan Titiek Puspa.
Lagu Indonesia dengan musik dangdut juga pertama kali muncul di tahun 1970an, yang merupakan akulturasi dari musik melayu dan musik india. Penyanyi dangdut yang populer kala itu adalah Rhoma Irama Sang Raja Dangdut.
Bukan hanya itu, pada tahun 1977 muncul ajang kompetisi lagu yang bernama “Lomba Cipta Lagu Remaja” Prambors yang juga turut mengukir sejarah dengan mendobrak industri musik kala itu dan menginspirasi untuk melahirkan musisi-musisi di tahun selanjutnya.

3. Perkembangan Musik Di Indonesia Pada Periode 1980an
Pada era tahun 1980an terkenal dengan trend musik Musik POP Cengeng, POP Kreatif, Dan POP Disco. Musik POP cengeng sebenarnya adalah musik pop yang mendayu-dayu, yang memiliki lirik puitis, dan nada musik yang terkesan membuat orang menangis. Lagu POP Mendayu-dayu dengan irama sedih ini sempat dilarang pada masa orde baru karena dianggap melemahkan hati rakyat Indonesia.
Lalu Musik pop kreatif adalah jenis music pop yang memiliki keunikan melodi, ritme, instrumen, harmoni, dinamik, gaya, dan lirik yang kreatif.
Kemudian Indonesia diperkenalkan dengan sebuah trend musik pop disco, yang diwakilkan oleh Fariz RM dan grup band Godbless.

4. Perkembangan Musik Di Indonesia Pada Periode 1990an
Pada era tahun 1990an ini dikenal sebagai puncak kejayaan musik di Indonesia. Dimana para musisi dan band-band populer menghasilkan lagu-lagu fenomenal yang tidak lekang oleh waktu. Banyak genre lagu yang bertebaran di era ini, seperti: pop, rock, jazz, alternative, dangdut, sampai slow-rock, namun tetap saja musik pop yang paling mendominasi pada zaman itu. Band-band legendaris tahun 1990an juga terlahir seperti: Dewa 19, Slank, Kahitna. Lalu ada penyanyi solo yang muncul seperti: Anggun C. Sasmi, Alda, dan Rita Effendy.
Terakhir, Pada tahun 1995 muncul program stasiun musik MTV Indonesia, yang menayangkan lagu-lagu lokal indonesia dan mengurutkannya kedalam chart tangga lagu.

5. Perkembangan Musik Di Indonesia Pada Periode 2000an
Pada awal tahun 200an, dunia musik Indonesia mash Mengikuti trend dari tahun sebelumnya. Di era ini muncul nama-nama band populer seperti: Sheila on 7, Kerispatih, Peterpan, dan Naif. Dan tentu saja musik pop ala grup band masih berjaya.
Lalu pada pertengahan tahun 2000an sampai akhir 2000an, musik dangdut koplo juga mulai diminati, hal ini diawali dengan munculnya lagu dangdut goyang dombret karya Inul Daratista.
Pada tahun 2004 juga muncul band ST12 yang mempopulerkan jenis musik POP melayu yang mendayu-dayu, yang langsung menarik banyak peminat orang-orang.

6. Perkembangan Musik Di indonesia Pada Periode 2010an keatas
Pada tahun 2010an keatas sepertinya popularitas musik Indonesia mulai menurun. Bahkan sudah jarang ada grup band yang terlihat di layar televisi. Bahkan pada tahun 2011, program acara MTV dihentikan, padahal itu merupakan acara untuk mempromosikan lagu-lagu karya musisi Indonesia.
Pada tahun 2010 atau 2011, Lagu Korea (KPOP) mulai mengambil hati anak anak muda. Bahkan di Indonesia muncul boyband ataupun girlband yang membawakan lagu dengan gaya khas korea.
Lalu pada akhir tahun 2011, Munculah Idol Group pertama di Indonesia. Mereka adalah JKT48. JKT48 adalah sister group dari Idol Group jepang AKB48. Nah JKT48 ini mempopulerkan musik jepang (JPOP) dan kemudian mengubah liriknya kedalam bahasa Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *